Perbandingan E-commerce 2023 vs Proyeksi 2024 (Persentase & Rupiah)
Berdasarkan Laporan Compas Market Insight
Gunakan tombol navigasi untuk berpindah slide.
Rp58,3 T
Rp47,8 T
Rp54,65 T
Rp102,45 T
Proyeksi H2 2024 & Total 2024 berdasarkan asumsi kenaikan 14,34% dari H1 2024.
Total Pasar 2023: Rp57,6 Triliun (Compas Report)
Sumber: Compas Market Insight Report 2023 (Shopee, Tokopedia, Blibli).
Proyeksi Total Pasar 2024: Rp102,45 Triliun
Berdasarkan data H1 2024 (5 platform) dan proyeksi kenaikan 14,34% untuk H2 2024.
2023 vs Proyeksi 2024 (Diurutkan berdasarkan Proyeksi 2024)
Nilai 2023 dari Compas Report. Nilai Proyeksi 2024 dihitung dari nilai proyeksi per kategori.
2023 vs Proyeksi 2024 (Diurutkan berdasarkan Proyeksi 2024)
Pangsa 2023 dari Compas Report. Pangsa Proyeksi 2024 dihitung dari nilai proyeksi per kategori.
Perbandingan YoY nilai penjualan Beauty & Care.
Face Care (Rp11,12 T) dan Others (Rp5,73 T) menjadi kontributor terbesar.
Face Care (Proy. Rp20,51 T) dan Others (Proy. Rp14,27 T) diproyeksikan memimpin.
Perbandingan YoY nilai penjualan Food & Beverage.
'Other' (Rp2,40 T) dan Beverages (Rp2,15 T) memimpin.
'Other' (Proy. Rp5,22 T) dan Food Staples (Proy. Rp4,32 T) diproyeksikan memimpin.
Perbandingan YoY nilai penjualan Health.
Food Supplements (Rp3,77 T) mendominasi.
Dominasi Food Supplements (Proy. Rp8,17 T) diproyeksikan berlanjut.
Perbandingan YoY nilai penjualan Mom & Baby.
Formula Milk (Rp4,70 T) menjadi kontributor terbesar.
Baby Diapers (Proy. Rp3,03 T) dan Formula Milk (Proy. Rp3,01 T) diproyeksikan bersaing ketat.
Pasar FMCG e-commerce Indonesia diproyeksikan mencapai ~Rp102,45 Triliun pada tahun 2024.
Strategi adaptif dan pemahaman konsumen mendalam menjadi kunci.
Terima kasih!